Insiden Sriwijaya Air, Media Asing Sebut Pasar Penerbangan Indonesia Mematikan

Insiden Sriwijaya Air, Media Asing Sebut Pasar Penerbangan Indonesia Mematikan

DUNIA penerbangan Indonesia kembali jadi sorotan. Itu setelah kecelakaan pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak yang terjadi, Sabtu (9/1/2021) pekan lalu.

Kecelakaan pesawat dengan nomor penerbangan SJ-182 itu merupakan peristiwa kecelakaan terbesar ketiga di Indonesia dalam enam tahun terakhir.

Sebelumnya, ada dua kecelakaan penerbangan besar yakni, kecelakaan Boeing 737 MAX milik Lion Air di bulan Oktober 2018, dan kecelakaan Airbus A320 yang dioperasikan AirAsia Indonesia pada Desember 2014.

Baca juga: Seperti Firasat, Ini Unggahan Terakhir Pramugari Oke Dhurrotul Jannah

Dikutip RMOL.ID dari Reuters, sebelum kecelakaan SJ-182 yang menewaskan 62 awak dan penumpang tersebu, dalam satu dekade terakhir sebanyak 697 orang tewas akibat kecelakaan penerbangan di Indonesia. Baik penerbangan sipil maupun militer.

Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan sistem keselamatan penerbangan terburuk di dunia. Bahkan, menurut data yang dimiliki Aviation Safety Network, lebih buruk dari Rusia, Iran, dan Pakistan.

Reuters dalam artikelnya yang diterbitkan hari ini (Senin, 11/1/2021) juga mengingatkan, dengan berbagai kecelakaan penerbangan yang terjadi di Indonesia, Uni Eropa sempat melarang pesawat-pesawat Indonesia memasuki wilayah udara Eropa pada tahun 2007 sampai 2018.

Baca juga: Pramugari Sriwijaya Air Ananda Lestari Lolos dari Maut, karena Ini

Sementara Amerika Serikat dari tahun 2007 sampai 2016 menempatkan evaluasi keselamatan penerbangan Indonesia pada Kategori 2, yang berarti kurang memadai.

Masih menurut Reuters, catatan keselamatan penerbangan Indonesia sebenarnya telah mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan badan penerbangan PBB di tahun 2018 memberikan pujian.

Namun, budaya keselamatan di Indonesia menghadapi tantangan yang tidak kecil berupa mindset yang memandang kecelakaan sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindarkan, atau sudah ditakdirkan. (RMOL)

Baca juga: Ngabalin Unggah Foto Diduga Sriwijaya Air Jatuh, Ah..Ini Kata Roy Suryo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: